Soal Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas XI Beserta Jawabannya Lengkap Bab 1 Sampai 5
Hallo sahabat Administrasi Ngajar, Pada kesempatan kali ini admin akan sharing mengenai soal Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas 11 SMK, tentu seperti biasanya di lengkapi beserta kunci jawabannya Lengap semuanya dari mulai Bab 1 sampai Bab 5. Oiya sahabat semua, tidak terasa blog ini sudah berjalan 3 tahun, semoga selalu memberi manfaat untuk peserta didik, tenaga pendidik, ataupun masyarakat umum yang mau meluangkan waktunya untuk terus mengasah Ilmu, khususnya dalam bidang pendidikan untuk peserta didik menjadi lebih intensif mengerjakan latihan soal maupun mempelajari materi pelajaran sekolah yang di posting di blog ini. Juga untuk tenaga pendidik sebagai acuan dalam membuat butir soal Ulangan Harian, PTS, PAS, PAT atau mempersiapkan peserta didik untuk siap mengikuti berbagai rangkaian Ujian Nasional UKK, USBN, UNBK.
Jangan sungkan untuk komentar di postingan yang sahabat baca, karena komentar dari sahabat adalah salah satu yang membuat kami selalu bersemangat untuk tetap berkarya di blog ini bersama sahabat semua. Kami selalu ingin bisa menyapa sahabat semua setiap saat melalui blog ini. Ikuti atau subscribe blog ini untuk mendapatkan informasi postingan terbaru dari kami. Sahabat juga bisa share postingan blog ini jika di rasa bermanfaat.
Soal Dan Jawaban Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas XI
1. SOP yang baik haruslah berdasarkan pada tujuan berikut, kecuali...A. memudahkan proses pemberian tugas serta tanggung jawab kepada pegawai yang menjalankannya.
B. memudahkan dalam hal monitoring dan menjalankan fungsi kontrol dari setiap proses kerja
C. mempermudah terjadinya inefisiensi proses dalam prosedur kerja
D. menghemat waktu dalam program training, karena dalam SOP tersusun secara sistematis
E. memudahkan proses pemahaman staff (penguasaan tugas) secara sistematis dan general
2. Dalam menyusun SOP prosedur-prosedur yang distandarkan harus dapat dengan mudah dimengerti dan diterapkan oleh semua pegawai bahkan oleh seseorang yang sama sekali baru dalam pelaksanaan tugasnya. Artinya SOP disusun berdasarkan prinsip...
A. keselarasan
B. kemudahan dan kejelasan
C. dinamis
D. keterukuran
E. Perhatian
3. Beberapa asas yang perlu diperhatikan dalam penyusunan SOP antara lain sebagai berikut, kecuali azas...
A. pertanggungjawaban
B. keamanan
C. pembakuan
D. kecepatan dan kelancaran
E. Kedinamisan
4. Pelaksanaan kegiatan berjumlah satu orang atau satu kesatuan tim kerja atau satu jabatan meskipun dengan pemangku yang lebih dari satu dan berisi langkah rinci atau cara melakukan pekerjaan atau langkah detail pelaksanaan merupakan ciri dari...
A. administratif
B. Final
C. Makro
D. Mikro
E. Teknis
5. SOP AP harus dilaksanakan oleh konsisten dari waktu kewaktu, oleh siapapun, dan dalam kondisi yang relatif sama oleh seluruh jajaran organisasi pemerintahan atau perusahaan. Artinya, dalam pelaksanaanya SOP harus mengandung prinsip-prinsip...
A. komitmen
B. mengikat
C. konsisten
D. terdokumentasi dengan baik
E. perbaikan berkelanjutan
6. Persiapan penyusunan SOP meliputi hal-hal berikut kecuali...
A. sosialisasi SOP keseluruh unit
B. menentukan muatan SOP
C. membentuk tim
D. membentuk kelengkapan tim
E. memberikan pelatihan kepada anggota tim
7. Aspek-aspek penilaian kebutuhan SOP yang berhubungan dengan faktor eksternal, yaitu...
A. sumber-sumber daya yang dibutuhkan
B. jumlah jenis kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan tugas dan fungsi
C. berbagai bentuk jejaring kerja
D. komposisi unit-unit kerja
E. jumlah pegawai
8. Langkah-langkah penilaian kebutuhan yang pertama adalah...
A. menyusun rencana tindak penilaian kebutuhan
B. melakukan analisis kebutuhan khusus
C. melakukan penilaian kebutuhan
D. membuat daftar SOP yang akan disusun
E. menyempurnakan daftar SOP
9. SOP berdasarkan sifat dan muatan kegiatannya relatif memiliki kesamaan baik dari kegiatan yang di-SOP-kan maupun dari tahap kegiatan dan pelaksanaanya disebut SOP...
A. khusus
B. umum
C. intern
D. ekstern
E. Lokal
10. Melakukan analisis terhadap alternatif-alternatif prosedur yang berhasil diidentifikasi untuk dibuat sop dilakukan setelah...
A. tersedianya sarana dan prasarana penyusun SOP
B. terlaksananya survey
C. berbagai informasi terkumpul
D. pengujian SOP
E. penulis SOP
11. Manajemen kantor adalah perencanaan pengorganisasian pengkordinasian dan pengawasan pekerjaan kantor dan pelaksanaannya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Pengertian manajemen kantor ini dikemukakan oleh…
a. William Spriegel d. The Liang Gie
b. Arthur Grager e. George R Terry
c. Edwin Robinson
12. Memberikan pelayanan komunikasi dan perekaman merupakan …
a. Pengertian kantor d. Tujuan kantor
b. Fungsi Kantor e. tata letak kantor
c. Manfaat kantor
13. Tata ruang kantor,penerangan/cahaya,ventilasi,perlengkapan perabotan dan lain lain merupakan bagian dari …
a. lokasi kantor d. Pengawasan kantor
b. Pengorganisasian kantor e. Fasilitas kerja kantor
c. Perencanaan kantor
14. Pengaturan berbagai macam fungsi organisasi dengan pelaksana yang melaksanakan fungsi-fungsi organisasi merupakan pengertian dari…
a. Perencanaan kantor d. Pengawasan kantor
b. Pengorganisasian kantor e. Fasilitas kerja kantor
c. Pengarahan kantor
15. Berikut yang termasuk unsur administrasi adalah…
a. Manajemen d. rutin
b. Analisis e. Observasi
c. Teknis
16. Kegiatan memastikan bahwa sasaran dan hal yang telah direncanakan berjalan sesuai dengan harapan atau target merupakan pengertian …
a. Pengawasan kantor d. Perencanaan kantor
b. Pengarahan kantor e. Pengkordinasian kantor
c. Pengorganisasian kantor
17. Yang bukan termasuk Sarana dan Fasilitas kerja kantor adalah…
a. lokasi kantor d. Peralatan
b. Humas e. Mesin mesin kantor
c. Gedung
18. Istilah administrasi perkantoran dalam kepustakaan luar negeri disebut…
a. Office planning d. Office organizing
b. Office administrative e. Office work
c. Office management
19. Berikut ini yang termasuk dalam perencanaan perkantoran (office planning), yaitu…
a. Anggaran (budgeting) d. Pengorganisasian perkantoran
b. Waktu perkantoran e. Pelayanan kantor
c. pegawai perkantoran
20. Ruang lingkup administrasi meliputi kegiatan kantor dan sarana fasilitas kerja perkantoran. Berikut ini yang termasuk salah satu kegiatan kantor adalah …
a. Tata usaha d. Analisis perkantoran
b. Tata hubungan e. Pengawasan perkantoran
c. Kepegawaian
21. Administrasi mempunyai 5 fungsi pendukung. Fungsi administrasi yang membutuhkan pemikiran minimal mancakup pengarsipan dan penggandaan, merupakan fungsi…
a. Rutin c. Teknis e. Manajerial
b. Analisis d. Interpersonal
22. Berikut ini merupakan salah satu prinsip organisasi, kecuali…
a. Prinsip perumusan tujuan d. Prinsip kekuasaan
b. Prinsip pembagian kerja e. Prinsip kesatuan perintah
c. Prinsip koordinasi
23. Dalam menjalankan kegiatannya, organisasi dibagi menjadi beberapa unit yang diberi wewenang untuk melaksanakan tugas- tugas dan akan dimintai pertanggung jawaban nya, berarti organisasi tersebut menerapkan prinsip…
a. Kesatuan perintah d. Pendelegasian wewenang
b. Koordinasi e. Rentang organisasi
c. Pembagian tugas
24. Karyawan lebih sulit untuk mengembangkan diri, merupakan kekurangan dari bentuk organisasi…
a. Staf d. Fungsional dan garis
b. Fungsional e. Garis/Lini
c. Garis dan staf
25. Salah satu fungsi pekerjaan kantor dalam organisasi adalah sebagai berikut, kecuali…
a. Memberikan pelayanan untuk mencapai tujuan organisasi
b. Menyediakan informasi bagi pimpinan
c. Menyediakan keterangan bagi pimpinan untuk mengambil keputusan
d. Membantu kelancaran perkembangan organisasi secara keseluruhan
e. Meningkatkan motivasi karyawan
26. Apa bila seorang pimpinan tidak mempunyai bawahan yang jelas karena setiap pimpinan berwenang untuk memberikan perintah kepada setiap bawahan jika ada hubungannya dengan fungsi pimpinan tersebut. Spesialisasi setiap bawahan dapat dikembangkan dan dimanfaatkan semaksimal mungkin tetapi sulit untuk melakukan tour of duty, merupakan bentuk organisasi…
a. Fungsional d. Fungsional dan garis
b. Staf e. Lini
c. Garis dan staff
27. Pekerjaan penunjang tugas utama, yang berkaitan dengan pekerjaan dibidang tulis menulis, catat mencatat yang berhungan dengan pekerjaan kertas, maupun pelayanan, merupkan pengertian dari…
a. Pekerjaan tulis d. Pekerjaan kertas
b. Manajemen e. Pekerjaan melayani
c. Pekerjaan kantor
28. Salah satu contoh pekerjaan kantor adalah…
a. Traveling d. Mailing
b.Mailing e. penunjang
c. Driving
29. Berikut ini termasuk dalam kegiatan pekerjaan kantor yang dilaksanakan di sekolahan yaitu…
a. Mengajar siswa d. Mencatat pesanan
b. Membuat soal-soal ulangan e. memeriksa pasien
c. Memberikan hukuman
30. Pekerjaan calculating (menghitung) berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh George R. Terry dalam persentase adalah sebesar. . .
a. 6,5 % d. 12,3 %
b. 8,8 % e. 19,5 %
c. 10,2 %
31. Data berasal dari kata datum dalam bahasa ...
a. Latin
b. Belanda
c. Yunani
d. Inggris
e. Indonesia
32. Jenis data yang dapat diterima oleh manusia ada 2 macam , yaitu..
a. tertulis
b. lisan
c. tersurat dan tersirat
d. simbol
e. verbal dan non verbal
33. Jenis data yang secara nyata dapat ditangkap oleh indera manusia yaitu jenis data...
a. tertulis
b. tersurat
c. tersirat
d. simbol
e. Verbal
34. data multimedia pada dasarnya dapat dikelompokkan menjadi , kecuali..
a. data teks
b. data numeris
c. data gambar
d. data video
e. elemen data
35. data yang berwujud alfanumeris yaitu data..
a. data teks
b. data numeris
c. data gambar
d. data video
e. elemen data
36. kumpulan catatan data yang berhubungan dengan subyek tertentu adalah..
a. file
b. catatan
c. elemen data
d. data audio
e. data video
37. Data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk lain yang lebih berguna disebut ...
a. file
b. catatan
c. informasi
d. elemen data
e. hierarki data
38. tujuan kantor terdiri atas,kecuali....
a. penerimaan informasi
b. pencatatan informasi
c. penyusunan informasi
d. pemberian informasi
e. mendapatkan laba
39. hal - hal yang berkaitan dengan kegiatan perkantoran antara lain , kecuali...
a. menghimpun
b. pegawai kantor
c. biaya perkantoran
d. prosedur
e. metode perkantoran
40. kegiatan administrasi meliputi, kecuali...
a. mencatat
b. mengolah
c. prosedur
d. mengirm
e. Menyimpan
41. Jaringan yang terbesar dan terkompleks yang pernah dibuat oleh manusia yaitu...
a. jaringan komputer
b. jaringan internet
c. jaringan televisi
d. jaringan telepon
e. jaringan komunikasi
42. Komunikasi data merupakan gabungan 2 macam teknik yaitu....
a. teknik telekomunikasi dan teknik data processing
b. teknik elektromagnetik dan teknik telekomunikasi
c. teknik data processing dan teknik elektromagnetik
d. teknik audio dan teknik visual
e. teknik audio dan teknik elektromagnetik
43. Segala kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran informasi dari satu tempat ke tempat yang lain disebut...
a. telekomunikasi
b. elektromagnetik
c. teleprocessing
d. data processing
e. Informasi
44. Jika kamu ingin membuat e-mail baru di yahoo!mail maka klik...
a. sign in
b. sign out
c. sign up
d. entri
e. Inbox
45. Untuk melihat e-mail yang masuk ke inbox maka klik...
a. check mail
b. send
c. sign in
d. create
e. Entri
46. Untuk mengirim lampiran berupa file dokumen atau gambar maka gunakan..
a. to
b. subject
c. Add CC
d. Add BCC
e. Attach File
47. Aplikasi versi mobile untuk dapat mengakses layanan rapat online yang disediakan oleh anywhere portal yaitu...
a. anywherepad
b. skype
c. e-mail
d. anywherephone
e. Chatting
48. Jika kamu ingin menambahkan file dan foto ke layar presentasi maka klik...
a. tap ikon agenda, dan tap tombol add files&photos
b. tap ikon pensil pada toolbar dan tap tombol add file & photos
c. tap tombol main menuy
d. tap tombol join
e. tap tombol continue
49. Untuk membuat pertemuan baru , maka klik...
a. new meeting
b. join
c. meet now
d. meeting schedule
e. send invites
50. Untuk menjadwalkan pertemuan pada waktu dan tempat tertentu kamu harus menggunakan layanan ...
a. anywhere portal dengan web browser
b. meeting schedule dengan web browser
c. new meeting dengan web browser
d. schedule new meeting
e. Join
51. Tata cara khusus penjual pada jual beli online ,kecuali...
a. barang yang dijual milik sendiri
b. berilah keterangan yang benar
c. tetapkan harga dan statusnya
d. gunakan alat komunikasi yang mudah dan nyaman
e. selalu gunakan pihak ketiga
52. Tata cara khusus pembeli pada jual beli online , kecuali...
a. selalu gunakan pihak ketiga
b. cari barang yang benar-benar bagus dan harganya tidak overprice
c. gunakan alat komunikasi yang mudah dan nyaman
d. gunakan jasa rekening bersama
e. tanyakan pada penjual segala kelengkapan barang
53. Pernyataan dibawah adalah langkah-langkah untuk melakukan...
(I) pertama tama buka halaman situs id.tiket.com
(II) klik pada tab "pesawat"
(III) isikan satu tujuan penerbangan , tanggal, dan jumlah tiket yang ingin dipesan jika sudah klik tombol "cari penerbangan"
(IV) setelah itu sortir penerbangan mana yang akan dipilih sesuai dengan jenis maskapai , waktu penerbangan dan harga tiket yang tersedia pada tabel hasil pencarian
(V) untuk selanjutnya isi formulir pemesanan yang telah disediakan
a. pemesanan tiket kereta api
b. pemesanan tiket pesawat terbang online
c. pemesanan tiket hotel
d. pemesanan tiket pesawat terbang di loket
e. pemesanan tiket liburan
54. Hal penting yang perlu diperhatikan selama melakukan transaksi online melalui internet ,kecuali...
a. pencarian produk
b. keberadaan pihak penjual
c. tentukan cara pembayaran
d. memilih barang
e. pengiriman barang
55. Metode pembayaran dalam melakukan pembelian barang secara online yaitu , kecuali...
a. transfer bank
b. supermarket
c. bayar langsung ditempat penjual
d. COD ( cash on delivery )
e. rekening bersama
56. Pengiriman surat melalui pos harus memakai buku pos tercatat. Bagian-bagian buku pos tercatat adalah ….
A. Tujuan surat dinas
B. Dikirim kepada
C. Tanggal surat
D. Nama penerima
E. Paraf
57. Mencatat surat-surat dalam buku ekspedisi intern dan ekstern adalah tugas dari ….
A. Ekspedisi
B. Agendaris
C. Verbalis
D. Arsiparis
E. Taklik
60. Ekspedisi Intern adalah …
A. Surat keluar yang dikirim ke luar lingkungan kantor
B. Surat keluar yang disampaikan ke dalam lingkungan kantor sendiri
C. Suatu bagiana unit yang melakukan tugas pengiriman surat keluar
D. Buku yang dipergunakan untuk mengantar surat
E. Cap segiempat
61. E-mail adalah singkatan dari ....
A. Elektric Mail
B. Extra Mail
C. Elektronic Mail
D. Elect Mail
E. Efective Mail
62. Mengirimkan email langsung ke sebuah alamat tertentu biasa disebut ….
A. Carbon Copy
B. Blind Carbon Copy
C. Point to Point
D. Distribution List
E. Discussion List
63. E-mail dapat dibedakan menjadi dua, yaitu E-mail berbasis SMTP dan ….
A. E -mail berbasis POP
B. E-Mail Berbasis WEB
C. Ms Outlook Express
D. Pegasus
E. Netscape Communicator
64. Yahoo (mail.yahoo.com), Google (Gmail.google.com), Hotmail (www.hotmail.com) merupakan jenis dari ….
A. E -mail berbasis POP
B. E-Mail Berbasis WEB
C. Ms Outlook Express
D. Pegasus
E. Netscape Communicator
65. Menggunakan peramban web dan menggunakan program pengakses surat elektronik (e-mail client) merupakan ….
A. Jenis e-mail
B. Cara mengakses e-mail
C. Langkah-langkah membuat e-mail
D. Macam-macam e-mail
E. Langkah-langkah pengiriman e-mail
66. Pengertian spam dalam sebuah e-mail adalah ….
A. Tempat file (pesan masuk)
B. Draft pesan yang anda simpan
C. Berisi file (email yang telah anda kirim)
D. Berisi email sampah
E. Message
67. Untuk mengakhiri sesi e-mail maka kita klik tombol ….
A. Close D. Back
B. Sign out E. Open
C. Sign in
68. Lampiran dalam sebuah e-mail biasa disebut ….
A. Attachment D. Milserver
B. Bcc E. Enkrip
C. Cc
69. Perangkat keamanan email yang digunakan untuk mengidentifikasi spam yang masuk dan virus email. Dibangun menggunakan platfor .net 2.0 dan di desain untuk bekerja sama dengan software spamassasin dan clamav merupakan pengertian dari ….
A. ClamAV/ClamD
B. SpamAssassin
C. Message Sniffer
D. MXScan
E. MSSca
70. Tombol Reply yang ada saat membuka e-mail, digunakan untuk ... e-mail.
A. Menghapus
B. Men-download
C. Menutup
D. Mengembalikan
E. Membalas
71. Menunjukkan pemeriksaan mengenai jumlah atau kuantitas (quantity) ….
a. Segi Empat Bujur Sangkar
b. Segi Tiga Ganda terbalik
c. Lingkaran besar (O)
d. Belah ketupat
e. Anak panah
72. Lingkaran besar menunjukkan operasi ( operation) Atau sesuatu yang harus dikerjakan apabila di tengahnya dibubuhi huruf C berarti ….
a. pekerjaan tersebut harus dikerjakan oleh juru tulis (clerk)
b. pekerjaan tersebut harus dikerjakan dengan mesin
c. pekerjaan tersebut dikerjakan dengan mesin ketik (typewriter)
d. pekerjaan tersebut harus ada penundaan karena harus menunggu tindakan
e. pekerjaan tersebut menunjukkan penyimpanan (storage ) secara tetap (permanent)
73. Simbol Dalam prosedur kerja dalam lingkarannya di tengahnya dibubuhi huruf huruf M Berarti..
a. pekerjaan tersebut harus dikerjakan oleh juru tulis (clerk)
b. pekerjaan tersebut harus dikerjakan dengan mesin
c. pekerjaan tersebut dikerjakan dengan mesin ketik (typewriter)
d. pekerjaan tersebut harus ada penundaan karena harus menunggu tindakan
e. pekerjaan tersebut menunjukkan penyimpanan (storage ) secara tetap (permanent)
74. Simbol Dalam prosedur Kerja dalam Lingkarannya Apabila Ditengahnya dibubuhi huruf T berarti
a. pekerjaan tersebut harus dikerjakan oleh juru tulis (clerk)
b. pekerjaan tersebut harus dikerjakan dengan mesin
c. pekerjaan tersebut dikerjakan dengan mesin ketik (typewriter)
d. pekerjaan tersebut harus ada penundaan karena harus menunggu tindakan
e. pekerjaan tersebut menunjukkan penyimpanan (storage ) secara tetap (permanent)
75. Linear Flowcharts dapat berbentuk...
a. Vertikal dan horizontal
b. diagram alir bercabang
c. hierarchical steps
d. diagram alir (Flowcharts)
e. Grafik (Graphic)
76. Symbol Of flowcharts yang terdiri dari 4 (empat) Simbol, yaitu kecuali ..
a. Kapsul (terminator)
b. Kotak (process)
c. Belah ketupat (decision)
d. Anak panah (arrow)
e. Grafik (Graphic)
77. Rangkaian tata kerja yang berkaitan satu sama lain sehingga menunjukkan adanya suatu tahap demi tahap yaitu …
a. work instruction dan Standar Operasional Prosedur (SOP)
b. tata kerja dan cara-cara pelaksanaan kerja
c. urutan kerja atau deskripsi kerja
d. kualifikasi keterampilan
e. prosedur kerja
78. Cara-cara pelaksanaan kerja yang seefisien mungkin atas suatu tugas dengan mengingat segi-segi tujuan, peralatan, fasilitas, tenaga kerja dan prosedur kerja yaitu ….
a. work instruction dan Standar Operasional Prosedur (SOP)
b. urutan kerja atau deskripsi kerja
c. kualifikasi keterampilan
d. prosedur kerja
e. tata kerja
79. Rangkaian tata kerja dan prosedur kerja yang membentuk satu kebulatan pola dalam rangka melaksanakan satu pekerjaan yaitu ..
a. tata kerja dan cara-cara pelaksanaan kerja
b. prosedur kerja adalah rangkaian tata kerja
c. urutan kerja atau deskripsi kerja
d. kualifikasi keterampilan
e. system kerja
80. Penyusunan prosedur kerja berdasarkan prinsip-prinsip berikut, kecuali …
a. Rasional
b. sistematis
c. menekankan kepada prinsip rangkaian kerja
d. irasional
e. bersifat operasional
81. Peraturan yang dibuat secara tertulis oleh perusahaan yang memuat hal-hal umum mengenai perilaku di dalam bekerja disebut ….
a. work instruction dan Standar Operasional Prosedur (SOP)
b. tata kerja dan cara-cara pelaksanaan kerja
c. prosedur kerja adalah rangkaian tata kerja
d. urutan kerja atau deskripsi kerja
e. aturan kerja
82. Dengan adanya pedoman kerja terdapat beberapa keuntungan yang di peroleh, yaitu sebagai berikut, kecuali …
a. alat untuk mengatur ruang kantor
b. alat pendidikan, terutama bagi pegawai baru
c. alat untuk menyelesaikan petugas/pegawai atau tim/unit kerja
d. alat untuk menyelesaikan perselisihan dalam hubungan kerja
e. alat untuk mengadakan pembagian kerja dan mengatur frekuensi kerja
83. Di dalam perusahaan biasanya aturan yang dibuat dikenal dengan istilah …
a. tata kerja dan cara-cara pelaksanaan kerja
b. prosedur kerja adalah rangkaian tata kerja
c. urutan kerja atau deskripsi kerja
d. Standar Operation Procedure
e. Aturan kerja
84. Pedoman kerja dibutuhkan pada kondisi-kondisi …
a. sebelum suatu pekerjaan dilakukan
b. sebagai standar hukum bila terjadi penyimpangan
c. sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin
d. apabila pegawai menemui hal-hal yang dapat membahayakan
e. pada waktu kerja pegawai diwajibkan memakai kartu tanda pengenal
85. Urutan baku operasi-operasi dalam suatu kegiatan perusahaan disebut …
a. work instruction dan Standar Operasional Prosedur (SOP)
b. tata kerja dan cara-cara pelaksanaan kerja
c. prosedur kerja adalah rangkaian tata kerja
d. urutan kerja atau deskripsi kerja
e. system perkantoran
86. Manfaat tata kerja , prosedur kerja dari system kerja adalah …
a. sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan
b. cara dalam pelaksanaan suatu tugas atau pekerjaan
c. sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin
d. sebagai standarisasi dan pengendalian kerja setepat-tepatnya
e. suatu pola tertentu dalam rangka pelaksanaan suatu bidang pekerjaan
87. Simbol ini menunjukkan penyimpanan untuk sementara (temporary) ….
a. Segi Empat Bujur Sangkar
b. Segi Tiga Ganda terbalik
c. Lingkaran besar (O)
d. Belah ketupat
e. Anak panah
88. Data yang terletak didalam satu kolom disebut?
A. Field C. DBMS
B. Record D. Tabel
89. Data yang terletak di dalam satu baris dan mewakili satu objek disebut?
A. Field B. Record
C. DBMS D. Tabel
90. Data yang menggambarkan kumpulan karakteristik suatu entitas?
A. Field
B. Record
C. DBMS
D. Database
91. Perintah yang digunakan untuk memanipulasi data adalah?
A. Report
B. Query
C. Form
D. Tabel
92. Manakah dibawah ini yang bukan termasuk kedalam software pengolah data base?
A. Ms- Access
B. Ms- Word
C. My SQL
D. SQL Server
93. Tipe data apakah yang panjang maksimalnya 255 karakter dapat menerima huruf, angka, spasi, dan tanda baca?
A. Text
B. Memo
C. Number
D. Currency
94. Currency digunakan untuk tipe data?
A. Huruf, angka spasi dan tandabaca
B. Berisi gambar
C. Untuk alamat hyperlink
D. Angka dalam format mata uang
95. Karakteristik dari suatu Entity yang menyediakan penjelasan detail tentang entity disebut?
A. Data Field
B. Data Record
C. Attribut
D. Entity
96. Ciri dari Primary Key adalah ?
A. Bersifat unik
B. Bersifat umum
C. Memiliki kesamaan data dengan
D. Mudah dihapal
97. Sql dipublikasikan oleh ?
A. E.F Codd
B. D. Chamberlin
C. R.F Boyce
D. Euler
98. Berikut ini adalah sasaran dari SQL, kecuali ?
A. Menciptakan basis data dan struktur relasi
B. Harus portable
C. Membuat pemrograman terstruktur dengan grafis
D. Mengelompokan data yang komplek
99. Salah satu contoh data manipulation language ?
A. ALTER
B. TABLE
C. CHAT
D. SELECT
100. Di dalam suatu basis data, seorang pemrogram aplikasi cukup hanya mengetahui ?
A. Skema basis data.
B. Subskema basis data.
C. Model data
D. Seluruh relasi yg ada.
Demikianlah Soal Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas XI Beserta Jawabannya Lengkap Bab 1 Sampai 5, semoga bermanfaat. Sumber https://administrasingajar.blogspot.com/
0 Response to "Soal Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas XI Beserta Jawabannya Lengkap Bab 1 Sampai 5"
Post a Comment