Kiat Sukses Mengerjakan e-rapor SMP V.1.1 2017

Aplikasi e-rapor pada dasarnya merupakan aplikasi penilaian rapor yang memudahkan sebuah sekolah didalam mengerjakan rapor siswa. Aplikasi e-rapor SMP sudah rilis beberapa waktu yang lalu dan link downloadnya sudah banyak diposting oleh rekan-rekan penggiat pendidikan melalui blognya atau anda juga bias unduh di blog infoguruku.net ini. Hanya saja, didalam proses pengerjaannya, seringkali kita menjumpai trouble (masalah) contoh, nilai pengetahuan, nilai social, spiritual, ataupun ekstrakurikuler yang tidak tampil didalam aplikasi e-rapor. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami berbagi pengalaman mengenai pengisian e-rapor SMP V. 1.1 melalui sebuah judul "Kiat sukses mengerjakan e-rapor SMP versi 1.1 2017". Kami berharap kiat sukses ini juga dapat membantu anda terutama admin e-rapor didalam mengerjakan dan me manage e-rapor itu sendiri. Adapun kiat sukses mengerjakan e-rapor SMP versi 1.1 tahun 2017 menurut kami adalah sebagai berikut:
1. Memastikan base data dapodik benar-benar valid. Mengapa hal ini perlu dilakukan? karena seluruh data e-rapor SMP versi 1.1 ini nantinya bersumber dari data dapodik. Jika terjadi invalid data pada dapodik, maka bisa dipastikan data yang muncul pada e-rapor SMP versi 1.1 ini juga menjadi invalid. caranya: silahkan cek kembali data dapodik anda mulai dari data pembelajaran, ekstrakurikuler, guru, wali kelas dan data siswa.
2. Memastikan laptop atau PC anda sudah terinstal aplikasi erapor yang up to date yaitu aplikasi e-rapor SMP versi 1.1. Untuk dapat menjalankan aplikasi e-rapor SMP versi 1.1 ini diperlukan aplikasi e-rapor SMP versi 1.0 lalu kemudian di update dengan updater e-rapor SMP versi 1.1. Aplikasi beserta panduanya bisa diunduh pada tautan berikut ini
3. Login sebagai Admin e-rapor; pastikan anda sudah menggunakan menu pada aplikasi berupa "ambil data dari dapodik". Menu ini berfungsi untuk mengambil referensi data yang sudah ada didalam aplikasi dapodik. Caranya cukup sederhana yaitu anda tinggal klik tab menu data sekolah, data semester, data program pengajaran, data mapel dan ekstrakurikuler, data guru, data siswa, data rombel atau kelas, data anggota rombel dan data pembelajaram. Masing-masing tab harus di klik untuk mensinkronisasi data dapodik dan e-rapor.
4.  Login Sebagai admin e-rapor; anda sudah memastikan menu data referensi local pada aplikasi sudah terisi dengan benar. Data yang ditampilkan pada menu ini berupa data mapping mapel k2013, mapping mapel k2006, data KKM mata pelajaran, data Interval predikat, dan data butir-butir sikap. Untuk data Mapping Mapel akan menyesuaikan dengan kurikulum yang sudah tercantum di aplikasi dapodik. Jika kurikulum yang digunakan adalah k13, maka secara otomatis data yang akan muncul adalah data mapping mapel k2013. Selanjutnya, jika disekolah anda menggunakan k2006, maka aplikasi secara otomatis memunculkan data mapping mapel k2006.
5. Login Sebagai admin e-rapor; pastikan anda telah menginput data KKM mata pelajaran di menu  "data referensi local". Anda dapat menggunakan menu " + input KKM mata pelajaran" guna menginput data KKM mata pelajaran satu persatu. Jika anda hendak menginput data KKM mata pelajaran secara keseluruhan, silahkan anda klik menu " Import KKM mata pelajaran". Catatan: Untuk menginport data KKM, anda perlu mendownload format Import KKM terlebih dahulu lalu entrikan data KKM sesuai dengan format tersebut. Pastikan anda tidak merubah format karena merubah format bisa menyebabkan kerusakan data pada e-rapor. Pastikan anda juga telah menyimpan file format import KKM mata pelajaran dalam bentuk excel 97-2003. Setelah selesai, silahkan upload data KKM lalu simpan data.
6. Login Sebagai guru; perhatikanlah data kompetensi dasar yang anda sampaikan kepada siswa. Silahkan di check dengan teliti data kompetensi dasar pada mata pelajaran yang anda ampuh baik di kelas 7, 8 atau 9 pada semester 1 dan atau semester 2. Perhatikan juga ringkasan deskripsi singkat mengenai KD tersebut. Jika semua sudah fix, maka langkah selanjutnya adalah anda menyimapan data KD tersebut.
7. Login Sebagai guru; input data rencana penilaian anda terhadap peserta didik (siswa). Anda dapat menggunakan menu "rencana penilaian" untuk menginput  data nilai pengetahuan, nilai keterampilan, nilai sikap social dan sepiritual, nilai harian, PTS dan PAS. Sistem kerjanya adalah sebagai berikut:
  • Untuk rencana nilai pengetahuan, hal yang harus anda lakukan adalah klik sub tab menu rencana nilai pengetahuan, pilih kelas, pilih mapel, pilih jumlah penilaian, pilih kelompok/teknik penilaian, pilih kompetensi dasar lalu klik simpan.
  • Untuk rencana nilai keterampilan, hal yang harus anda lakukan adalah klik sub tab menu rencana nilai keterampilan, pilih kelas, pilih mapel, pilih jumlah penilaian, pilih kelompok/teknik penilaian, pilih kompetensi dasar lalu klik simpan.
  • Untuk butir sikap spiritual, langkah kerjanya adalah klik menu "pilih KD/Butir Sikap Spiritual", lalu pilih kelas, pilih mata pelajaran, pilih butir sikap spiritual, lalu klik simpan
  • Untuk butir sikap social,langkah kerjanya adalah klik menu "pilih KD/Butir Sikap social", lalu pilih kelas, pilih mata pelajaran, pilih butir sikap social, lalu klik simpan  
  • Untuk bobot PH, PTS dan PAS menyesuaikan dengan bobot nilai yang anda inginkan. Jika tidak ada perubahan pada bobot nilai, klik simpan. Jika ada perubahan, isikan bobot nilai yang anda inginkan lalu klik simpan.
8. Login Sebagai guru, pastikan anda telah menggunakan menu download format import. Menu ini akan berfungsi dengan baik jika anda telah menginput rencana penilaian sebelumnya. Caranya adalah silahkan anda klik menu download format import, pilih kelas, pilih mata pelajaran, download format, input nilai di format yang tersedia, lalu klik menu save as excel 97-2003 workbook
9. Login Sebagai guru, pastikan anda sudah mengerjakan import nilai siswa di menu "import nilai siswa". Caranya adalah klik menu import nilai siswa, pilih salah satu tab import nilai, pilih telusuri, silahkan temukan file nilai yang sudah anda kerjakan di poin ke 8, klik upload data nilai lalu simpan.
10. Login sebagai guru, silahkan anda kirim nilai akhir anda dengan cara klik menu kirim nilai akhir
11. Login sebagai wali kelas; hal yang perlu diperhatikan oleh wali kelas adalah menginput data kehadiran siswa, input nilai ekstrakurikuler, input prestasi dan input catatan wali kelas. Semua itu dapat anda kerjakan melalui menu "Input data dan nilai.
12. Login sebagai admin. Sebelum melakukan cetak rapor, pastikan data tanggal rapor sudah terinput. Langkahnya adalah klik menu cetak leger dan rapor, pilih sub tab menu input tanggal rapor, pilih tambah tanggal rapor, seleksi tanggal lalu simpan.
13. Kiat sukses terakhir adalah mensinkronkan nilai e-rapor dengan nilai dapodik. Hal yang perlu diperhatikan didalam melakukan sinkronisasi adalah memastikan seluruh data nilai siswa sudah terisi. Periksalah terlebih dahulu nilai siswa yang akan dikirim dengan mengeklik tombol "cek dan ambil nilai siswa yang akan dikirim", lalu silahkan lanjutkan jika anda yakin.
Demikianlah kiat-kiat sukses mengerjakan e-rapor SMP versi 1.1 tahun 2017. Saran dan koreksinya mohon disampaikan pada kolom komentar yang sudah tersedia.

0 Response to "Kiat Sukses Mengerjakan e-rapor SMP V.1.1 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel