Pos UN Tahun 2019 Terbaru Untuk SMP/MTs SMA/SMK/MA

Pos UN 2019 Terbaru  – Merupakan Prosedur Operasional Standar ( POS ) Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) ini diterbitkan oleh BSNP setiap tahuan sebelum pelaksanaan ujian dilaksanakan. Dalam POS UN  tahun 2019 BNSP ini terdapat aturan-atauran pelaksanaan dan teknis Ujian Nasional untuk jenjang SMP/MTs SMA/SMK/MA Tahun Pelajaran 2018/2019.

 Merupakan Prosedur Operasional Standar  Pos UN Tahun 2019 Terbaru Untuk SMP/MTs SMA/SMK/MA
Pos UN 2019

Bagi anda yang belum tahu apa itu POS UN, sedikit kami jelaskan bahwa yang dimaksud dengan Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional yang selanjutnya disebut POS UN adalah ketentuan peratuaran yang dibuat oleh BSNP dengan tujuan mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Nasioanal (UN). Jadi pihak sekolah, tentunya harus memahami dan mematuhi peratuan yang terdapat dalam POS Ujian Nasional (UN) sesuai versi terbaru yang diterbikan BSNP.

Pada Prosedur POS UN Tahun pelajaran 2018/2019 Terbaru ini mengatur penyelenggaraan serta teknis pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP/MTs/SMPLB, SMP terbuka, SMA/MA/sekolah menengah atas agama katolik/sekolah menengah atas teologi kristen, sekolah menengah atas luar biasa, sekolah menengah kejuruan/madrasah aliyah kejuruan, sekolah menengah atas terbuka, unit pendidikan kerjasama, dan program paket b/wustha, serta program paket c tahun pelajaran 2018/2019.


POS UN Tahun 2019 Terbaru Untuk SMP/MTs SMA/SMK/MA


Setiap sekolah yang menyelenggarakan UN, harus mengikuti semua aturan yang terdapat di dalam POS UN 2019 ini. Sekolah tidak diperbolehkan membuat aturan sendiri, apalagi aturan tersebut berbeda dengan aturan yang dibuat oleh BSNP.

Adapauan isi kebijakan BSNP melalui POS Ujian yaitu meliputi :
  • Persyaratan peserta ujian di dalam POS UN
  • Pendaftaran Peserta Ujian Nasional 
  • Penyelenggara Ujian Nasional 
  • Pelaksana Ujian Nasional 
  • Panitia Ujian Nasional Tingkat Satuan Pendidikan 
  • Panitia UN Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) 
  • Kisi-Kisi Ujian Nasional 
  • Perangkat Soal
  • Jadwal UN/UNBK
  • Penyiapan Bahan Ujian Nasional
  • Pelaksanaan UN Berbasis Komputer (UNBK) dan masih banyak lagi


Prosedur Pendaftaran Peserta Ujian Nasional Sesuai Standar POS UN 2019 BSNP

  • Sekolah/Madrasah pelaksana UN melakukan pendataan calon peserta. 
  • Sekolah/Madrasah pelaksana UN mengirimkan data calon peserta ke pangkalan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Kemdikbud) serta mengirimkan tembusannya ke Panitia UN Tingkat Propinsi/Kabupaten/Kota sesuai kewenangannya. 
  • Panitia Tingkat Propinsi/Kabupaten/Kota sesuai kewenangannya melaksanakan verifikasi calon data peserta untuk diputuskan jadi Daftar Nominasi Sesaat (DNS) serta mengirimkannya ke unit satuan pendidikan. 
  • Unit pendidikan melaksanakan verifikasi DNS serta melakukan pengiriman hasilnya ke Panitia UN Tingkat Propinsi/Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya. 
  • Panitia UN Tingkat Propinsi/Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya jalankan:
  1. pemutakhiran data ; 
  2. pencetakan daftar nominasi tetaplah (DNT) ; dan 
  3. pengiriman DNT peserta UN ke unit pendidikan. 
  4. Data peserta SILN di kirim ke Panitia UN Tingkat Pusat.

Nah itulah mekanisme atau aturan cara pendaftaran peserta Ujian nasional yang berada di dalam POS UN 2019 revisi terbaru. Jadi silakan download POS UN Tahun 2019 ini untuk persiapan awal bagi siswa, guru ataupun pihak sekolah untuk menghadapi penyelenggaran Ujian Nasional th. 2019.


Untuk lebih jelasnya terkait peraturan UN SMP SMA, SMK 2019  silahkan download Pos un yang ditetapkan oleh BSNP dibawah ini :

Selain itu alangkah baiknya siswa, guru atau pihak sekolah sudah mempunyai referensi yang pasti berbentuk kisi-kisi paling baru tahun pelajaran 2018/2019 seperti yang sudah admin siapkan dengan bentuk file pdf di bawah ini. Silakan di unduh:





Demikian informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Pos UN SMP/MTs SMA/SMK/MA Tahun 2019.

Sumber https://www.bingkaiguru.com/

0 Response to "Pos UN Tahun 2019 Terbaru Untuk SMP/MTs SMA/SMK/MA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel