Solusi Kelebihan Rombel Dalam Jadwal Pembelajaran Dapodik 2018

Intipendidikan.com - selamat malam sahabat dimanapun berada, yidak bisa dilungkiri dalam aplikasi Dapodik terbaru yang menambah menu Jadwal pembelajaran akan sangat membingungkan bagi kita para OPS yang selama ini dalam Dapodik 2017 dan versih dibawahnya,  kita masih bisa menambah rombel dengaan seenaknya karena tidak adanya jadwal dan sarpras yang mengikat.


Berikut beberapa permasalahan yang mungkin terjadi saat membuat jadwal pembelajaran dalam Dapodik versi 2018 beserta solusinya,  silahkan disimak.

Pertanyaan : Bagaimana jika 1 ruang kelas dijadikan 2 rombel bahkan 3 rombel ?
Jawaban : Dalam 1 ruang kelas urutkan jam pembelajaran sesuai dengan urutan waktu nya. Bisa seperti kelas pagi dan kelas siang.

Misal kelas pagi dari Jam pelajaran ke 1,2…, 6 dan kelas siang jam ke 7,8… 12. Sehingga sistem seperti kelas kombinasi pagi dan siang jangan pernah membuat data prasarana ruang kelas baru apabila memang tidak ada prasarananya.

Permasalaha : Bagaimana jika Ruangan kelas di bagi 2 dengan sekat triplek/ tidak permanen ?

Solusi : Dalam isian prasarana R.kelas tetap di anggap 1 ruang saja. Adapun untuk jadwal dibuat seperti pada no.1 , walaupun pada waktu penyelanggaraan sekolah nya di pilih “pagi”.

Permasalahan : Mengapa dalam jadwal terdapat deteksi validasi, jika PTK Mengajar di urutan jam pembelajaran yang sama tapi beda rombel akan ditolak di aplikasi?

Solusi : Solusi pastikan tidak ada jam yang bentrok dalam pengisian jadwal. Jumlah slot jam di jadwal merupakan jumlah dari jam yang di inputkan di pembelajaran. Pastikan jam nya sudah sesuai antara pembelajaran dan jadwal sudah di bagi habis dan tidak bentrok antar rombel.

Jadwal dikatakan Tidak Valid apabila PTK yang sama mengajar pada jam pembelajaran yang sama pada hari yang sama di prasarana rombel (ruang kelas) yang berbeda.

Permasalahan : Dalam pengisian jadwal terdapat baris warna merah, apa penyebab dan dampaknya ?

Solusi : Jika jadwal tidak urut, missal dari jam pembelajaran ke-2 loncat ke jam pembelajaran ke-4 karena diselingi mapel yang ada di kelompok tambahan yg tidak masuk di jadwal aplikasi dapodik. Maka akan terlihat tidak urut.

Akan ada Dampak nya telihat warna merah,  tetapi sahabat jangan khawatir ini TIDAK APA-APA. tidak menghambat syncron tidak invalid. TIDAK BERMASALAH. hanya mengingatkan jadwal tidak urut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan,  semoga bermanfaat ya,  Jabat Erat Intipendidikan.com. 

Sumber https://www.intipendidikan.com/

0 Response to "Solusi Kelebihan Rombel Dalam Jadwal Pembelajaran Dapodik 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel