Lakukan Hal Ini Jika Sinkronisasi Dapodik Selalu Gagal

Intipendidikan.com - Waktu cutoff Dapodik semakin mepet dan ada banyak sekali invalid pada menu validasi Dapodik kita,  disaat saat itulah akan muncul kegundahan yang luar biasa,  kita bisa saja membiarkan hal itu terjadi dengan resiko sekolah dan Guru-guru kita tidak mendapatkan bantuan, OPS dengan tanggung jawab yang begitu besar terhadp sekolah dan isinya,  hanya dipandang sebelah mata.


Tapi yang namanya tugas apapun resikonya harus dikerjakan sampai beres walaupun harus begadang tiap malam,  hidup OPS!!  Jadi sedikit curhat,  simak saja informasi dibawah ini masih mengenai
Troubleshooting Instalasi Aplikasi Dapodikdasmen V.2018

Pertanyaan: Saat melakukan sinkronisasi Aplikasi Dapodikdasmen V.2018, muncul pesan “koneksi internet lambat” padahal koneksi internet yang digunakan sekolah sudah cukup memadai ?

Jawaban: Tahap pertama lakukan pergantian koneksi internet misal dari Provider A ke Provider B, jika tahapan ini sudah dilakukan masih belum berhasil melakukan sinkronisasi. Maka coba tambahkan Add On pada Web browser anda security kiss atau Add On yang sejenis.

Pertanyaan: Aplikasi  dapodikdasmen V.2018 sudah terinstall sesuai dengan tahapan yang benar, namun saat dijalankan tidak bisa dibuka dengan keterangan we are sorry, but someting went terrbily wrong. Apa yang harus dilakukan ?

Jawaban: langkah yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan service database dapodikdasmen. Langkah pengecakan  service database:

Klik start - klik  run - service.msc, cek service dapodikdb (klik start ), jika dapodikdb running silahkan buka login aplikasinya.
Jika cara no. 1 belum juga bisa running dapodikdbnya, silahkan buka program file - dapodik. -database ( pastikan file berjumlah 18 file didalam folder database nya ), biasanya ada file yg corrupt atau hilang.


Pertanyaan: pada saat validasi data sarpras tertulis data periodik sarana jenis (-) yg berada di dalam Prasarana dengan nama Kelas (-) untuk periode Ganjil / 2017 belum diisi. Padahal di aplikasi sudah diisi.

Jawaban :

Pastikan data periodik sudah terisi dengan benar dan sukses tersimpan.
Pastikan tidak ada data sarana di menu Sarana telah Hapus Buku yg dihapus tanpa mengisi data periodik

Demikian informasi yang kami sampaikan, semoga ada manfaatnya. Jabat Erat IndoINT.com. 

Sumber https://www.intipendidikan.com/

0 Response to "Lakukan Hal Ini Jika Sinkronisasi Dapodik Selalu Gagal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel